Jumat, 31 Agustus 2012

Asal Usul Nama dari Toraja


                Keunikan dari nama setiap daerah selalu unik dan memiliki makna tertentu bagi para penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Seperti halnya Toraja. Nama dari dua kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Nama dari kedua Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja. kabupaten ini menyimpan banyak kekayaan alam dan keunikan budaya dan merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia.

                Dulu, kedua kabupaten ini merupakan satu kabupaten yaitu Tana Toraja. Tapi setelah mengalami pemekaran maka terbagilah atas 2 kabupaten. Kabupaten Toraja Utara terbentuk tepatnya pada tanggal 21 Juli 2008.
 
                Sebelum terjadi pemekaran, pada masa lampau, Tana Toraja disebut sebagai Tondok Lepongan Bulan, Tanah Matarik Allo kemudian berubah menjadi Tana Toraja. Menurut Departemen pendidikan dan kebudayaan di dalam buku Upacara Tradisional Daerah Sulawesi Selatan (1981-1982:60), penamaan Toraja terbagi atas beberapa pendapat. Diantaranya sebagai berikut:

1.       To-Riaja
Kata Toraja berasal dari kata To-Riaja. Dimana To berarti Orang dan Riaja berarti Utara. Penamaan ini bagi orang yang bertempat tinggal di selatan Tondok Lepongan Bulan.

2.       To-Rajang
Kata Toraja berasal dari kata To-Rajang. Dimana To berarti Orang dan Rajang berarti Barat. Penamaan ini berasal dari orang- orang Luwu menunjuk Tana Toraja di sebelah Barat.

3.       To-Raya
Kata Toraja juga dianggap berasal dari kata To-Raya yang dimana To berarti orang dan Raya berarti Timur. Penamaan ini berasal dari penamaan orang- orang makassar yang menunjuk Tana Toraja di sebelah Timur.

4.       To-Raja

Kata Toraja berasal dari kata To-Raja. To berarti orang dan Raja berarti Selatan. Dalam hal ini adanya pengakuan dari raja Sulawesi Selatan yang mengakui leluhurnya berasal dari Tondok Lepongan Bulan, Tanah Matarik Allo

Setiap nama dari setiap daerah di dunia ini pasti selalu memiliki makna, sejarah dan keunikan. Bagaimanapun anehnya, kita harus menghargai semua yang telah ada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar