Minggu, 02 September 2012

Ukiran Toraja


Setiap daerah memiliki kerajinan tangan atau souvenir yang unik dan indah dari setiap daerahnya. Khususnya di Tana Toraja dan Toraja Utara, dua kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki budaya yang sama.
Kedua kabupaten ini merupakan kabupaten yamg selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Tempat wisata kedua kebupaten ini termasuk unik karena para wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan perkampungan rumah adat di beberapa tempat wisata, kuburan batu dan sebagainya. Dan salah satu tempat wisata yang paling terkenal antara kedua kabupaten itu, yaitu Ke’te Kesu.
Selain di Ke’te Kesu kita bisa menikmati keindahan perkampungan rumah adat, Rante, dan kuburan batu, di sana juga kita bisa melihat cara pembuatann salah satu kerajinan tangan Toraja yaitu ukiran kayu. Jenis kayu yang mereka gunakan, mereka sebut kayu Uru. Selain bagus untuk diukir, mereka yakin, kayu ini akan tahan lama, kuat dan tidak terlalu berat, sehingga memudahkan para wisatawan untuk  membawanya.
Selain itu, warna yang mereka gunakan untuk mewarnai ukiran yang disebut litak, berasal dari tanah dan batu. untuk warna mereh, bersalah dari tanah, kuning juga dari tanah, dan putih dari batu kapur. Ketiga warna ini tidak akan luntur dari ukiran jika terkena air, dan tidak akan memudar jika terkena sinar matahari langsung. Sedangkan warna hitam yang mereka gunakan berasal dari arang.
Ukiran Toraja terlihat sangat halus karena hanya menggunakan satu jenis pisau yang sangat kecil dan sangat tajam. Selain itu, ketelitian pun sangat diperlukan dalam membuat ukiran Toraja sebab kerumitan motif yang digunakan.
Harga ukiran di Toraja berfariasi, tergantung dari kerumitan motif, kehalusan dan lamanya proses pengerjaan serta tidak tergantung pada ukurannya.
Jadi, jika ke Ke’te Kesu, jangan lupa singgah di tempat pembuatan ukiran yang berada tepat di samping museum. Di  sana, Andak akan menemukan berbagai jenis ukiran Toraja yang indah dan menarik. Walaupun haraganya cukup mahal, tapi, Anda akan puas dengan kualitasnya.

1 komentar:

  1. artikelnya bagus...

    ohiya, numpang promo yah..
    bagi yang minat beli ukiran Toraja, seperti ukiran pajangan, nampan/baki ukiran, dan miniatur rumah Toraja silakan mampir ke lapak kami yah...dijamin murah dan kulitas bagus..hehehee

    https://www.todi.co.id/id/kerajinan-kayu/


    salam hangat,
    Agung Salino

    BalasHapus